Menjadi Penulis

Berbagai macam alasan orang yang ngeblog adalah tidak lari dari menyalurkan hobi, iseng-iseng, sampai ingin menghasilkan uang. Berbeda dengan orang yang ada, gue ngeblog sebagai saksi kalau nanti gue udah jadi penulis sekelas Raditya Dika. AMIN. Alasan lain gue ngeblog sih berbagi cerita. 

Maka dari itu, blog ini gue jadiin sebagai sarana gue untuk belajar. Seenggaknya gue udah konsisten nulis seminggu satu postingan. Banyak hal yang gue lewati semasa gue ngeblog, mulai dari di ejekin teman, malu karna tulisan yang kayak anak SD, sampai di godain Emak Gaoel.

Dulu, sewaktu gue baru mengenal blog, hal yang pertama gue pikir adalah bagaimana menghasilkan UANG. Siang-Malam gue berpikir seraya mengecek blog sedetik sekali. Karna ekspekstasi yang tinggi, gue jadi down ngeblog dan banting stir untuk ngga ngeblog-ngeblog lagi.

Gue ngga ngeblog, bukan berarti gue mati dalam dunia perblog-an. Gue masih tetap aktif di grup, menyaksikan promosi-promosi yang ada, sesekali juga gue ikutan. Saat sedang asik nge-scroll timeline grup gue mendapati pertanyaan yang kurang lebih kayak gini:

Gan, kalian ngeblog tujuannya untuk apa sih ?
Me: Berbagi.

Gue bales deh,"Untuk jadi terkenal + dapet duit" kata gue polos sambil menekan tombol comment.
Ngga lama kemudian ada notif, ternyata ada komentar terbaru di grup itu, gue buka dan isinya:

Yaelah gan, ngeblog itu sebenarnya buat berbagi, kalo ngeblog hanya menngutamakan untuk jadi terkenal dan dapet uang, itu hanya akan membakar semangat ngeblog kalian.

Berpikir dari situ, gue langsung merubah mindset gue terhadap blog. Gue mulai kembali ngeblog, yang pastinya dengan tujuan berbagi, mau itu berbagi cerita, berbagi pengalaman, berbagi tips, yang penting berbagi. Semenjak ngeblog juga gue jadi banyak belajar menulis, yang  hanya bisa gue dapatkan di dunia blog. 

Gue jadi bisa nulis ikhlas kayak gini akibat beberapa tahap yang mencoba menyadarkan gue terhadap pandangan gue kalo ngeblog harus bisa dapetin uang atau terkenal itu salah. Sekarang, mungkin belum ada yang melirik gue, gue harus banyak gagal untuk menghabiskan kegagalan-kegagalan gue ini agar Tuhan rela memberikan gue kesuksesan (kata-kata itu sebenarnya contekan).

Di balik blog ini ngga ada aplikasi khusus yang menunjang gue untuk ngeblog, gue cuman mengandalkan modem dan Mozilla Firefox, berhubung gue juga  ngga punya smartphone, ehm, pasti taulah..

Satu kata dari gue untuk kalian yang mindset-nya masih dengan cara yang salah, rubah mindset kalian terhadap tujuan kalian ngeblog. Go For It.

Comments

  1. kalo mau menghasilkan uang dari blog yaa harus sabar dan rutin update blognya. semua ngga ada yg instan bro ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye, betul banget. Mie instan aja harus di rebus dulu..

      Delete
  2. mau juga terkenal + Dpt DUIT, tapi sering buat blog baru tiap bulan :)

    ReplyDelete
  3. kalau saya sih memang niatnya ngeblog sambil nyari duit pakai link shortner atau pasang iklan belajar nyari duit , hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, kalo kayak gini, kembali lagi ke diri masing-masing, saya cuman niat berbagi, bukan menggurui. :)

      Delete
  4. iya sih banyak para bloger sekarang ngeblok cari uang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan emang nyari uang. ngambil kesempatanlah dari blog

      Delete
  5. Wah ikutan juga ya, semoga bisa menang mas. :) Tujuan yg baik, semoga dipermudah jalannya. Tetep konsisten ngeblognya, kalau udah ikhlas, Insya Allah ada jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro, pengen banget punya smartphone.. AMIN. AMIN. AMIN. AMIN. AMIN. Iya bro..

      Delete
  6. Dulu blogku isinya gak jelas banget.Sekarang isinya udah berubah, dari yang awalnya tulisan-tulisan motivasi sampe sekarang isinya tulisan-tulisan menyesatkan. Tapi aku lebih nyaman sekarang.

    Karena aku gak mudeng cara dapetin uang dari blog, jadi aku gak terlalu berharap banyak untuk hidup dari blog. Kalo mudeng mungkin lain cerita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari nyamanmu aja.. Kalo udah nyaman baru deh di jalanin..

      Delete
    2. untuk sekarang masih nyaman-nyaman aja. Kadang gairah nulis masih sering ilang

      Delete
  7. Emang tujuan awal ngeblog itu ya berbagi, kalo suatu ketika blog itu berhasil dan mendapatkan banyak kunjungan baru deh mikirin duit.

    Kalo aku kayaknya nggak deh buat blog sebagai modal penghasilan. Cukup berbagi dan membuat pembaca senang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap.

      Hehe, iya bro, cukup dengan dasa berbagi, yang lain.. belakangan.

      Delete
    2. Ok.

      Kalo masalah duit kan gak cuma dari ngeblog aja, bisa dari cara lainnya. Selain itu blog bisa dijadiin kenangan, nah siapa tau nanti kenagannya bisa dibukukan. Dapet duit tuh

      Delete
    3. Yah, bener juga, kalo misalnya udah tua juga, anak - cucu bisa baca cerita masa muda kita..

      Delete
  8. Sebenernya kalo menurut saya kalo kita emang suka nulis ya nulis aja, kalopun suatu saat bisa dibukuin atau dapat uang melalui blog itu bonusnya. Ya Alhamdulillah, artinya pembaca kita semakin banyak.

    Karena seorang penulis itu bukan apa-apa tanpa pembacanya, setuju banget tujuan menulis itu untuk berbagi.. berarti kan ilmunya juga ngalir melalui tulisan kita... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, betul, betul *logat Upin-ipin*

      Sekali lagi.. Betul, betul, betul..

      Delete
  9. Sip, gue setuju nih. Jangan masang target besar2, yang penting konsisten dan rajin nge-post aja. Jangan kayak gue, yang konsistensinya kendor :')

    ReplyDelete
  10. Hahaha.... mudah2an bisa jadi penulis sekelas Mas Raditya Dah....
    tapi kayaknya nggak bisa deh, soalnya Mas Raditya kan udah tamat sekolah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud gue disini adalah menyamai kelas beliau adalah dengan cara bagaimana gue disini bisa melihat hal-hal cemen di hidup gue untuk di ketawain dan direnungkan.. dan bisa jadi itulah kegelisahan kita yang kita kurang peka memahamnya, gitu~

      Delete
  11. Kita sama bro... soalnya tujuanku ngeblog itu juga untuk berbagi, baik itu pengalaman, ide, info menarik dan sebagainya... walaupun lama - lama nyerempet ke uang dan semacamnya...
    Memang kita ini hidup butuh uang, terkadang blog juga bisa menghasilkan uang... dan membuat kita lupa pada tujuan awal... intinya jika kita ada niat untuk berbagi, insya Allah semuanya akan bermanfaat... baik itu untuk kita sendiri maupun orang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro *tos dulu* itu biasanya bonus..

      AMIN~

      Delete
  12. Gue ngeblog sebagai pelampiasan karena dulu naskah gue pernah ditolak penerbit. Makanya beberapa tulisan awal-awal itu gue copas dari naskah yang ditolak itu. Setelah gue baca-baca ulang memang gak pantes diterima naskah gue :D

    Kalo masih blogger pemula, jangan mikirin soal uang dulu. hehe hayo semangat ngeblog dan ubah mindset ngeblog. Semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, sama dong bro.. itulah kelemahan kita, saat naskah di tolak penerbit mengira penerbit itu ngga baca naskah kita, padahal emang naskah kita yang butuh revisi/rewrite..

      Yoi~

      Delete
  13. Baguslah kalau motivasi ngeblognya buat berbagi. Semangat buat memperbaiki tulisannya, biar bisa sekelas bang Radit.

    Kalau mau nyari uang harus lebih rajin update dan siap waktu buat mikirin tulisan apa yang mau di post.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Makasi atas dukungannya mas Pon..

      Ngga melulu soal rajin update sih, cukup rutin dan konsisten terhadap kualitas..

      Delete
    2. Siip, sesama blogger harus saling dukung.

      Nah, itu. Kalau udah siap sih boleh jadi blogger yang ngincer uang.

      Delete
  14. wah kalo gue sih ngeblog buat menginspirasi orang supaya ikut ngeblog juga haha go for it!

    ReplyDelete
  15. kalo gw nulis cuma untuk bagi-bagi tips doang yg emg gue paham. nyari duit urusan blakang. dapet ya syukur, enggak ya ga usah di paksain.
    tulisan di jadiin buku terus laku 1jt exemplar, ya syukur banget. *ngarep*

    ReplyDelete
  16. Pertamanya sih buat iseng-iseng aja masbro, tapi lama kelamaan jadi ketagihan nulis. Anjay deh gue terusin aja ngeblog dan sampai sekarang ini ^_^...

    Alasan pertamanya sih memang berbagi, dengan berbagi, hal-hal lainnya bakalan ngikutin ;)

    ReplyDelete
  17. saya sih setidaknya emang harus nulis. karena nulis di blog juga bisa dihitung sebagai latihan.

    oghhh.. ikutan event ini juga ya

    ReplyDelete
  18. aku ngeblog karena butuh wadah buat menampung curhat, wadah dimana nantinya aku bisa melihat diri di masa lalu. seenggaknya dari ngeblog aku belajar banyak sesuatu, belajar efisien waktu, belajar ikhlas nggak ada komen sama sekali, dan belajar untuk bisa menulis dengan lebih baik lagi. aku rasa perkembangan seorang untuk menulis tidak akan terbatas, selalu, dan selalu saja ada yang perlu dipelajar.

    semangat ya bro, kamu ndak sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga tuh..
      Bener banget, kita jadi banyak wawasan dan teman baru..

      Yoi~

      Delete
  19. Ngeblognya sebenarnya gak salah. Hanya orangnya aja yang selalu punya cara yang beda dalam bertindak. Gue, dulu bukan blogger yang tau apa-apa. Buat gue, ada yang baca dan ada yang koment adalah kebahagiaan yang gak ada duanya selama gue ngeblog. Setiap gak ada kerjaan, selalu refresh moderasi. Ketika ada satu komentar aja. Rasany.... rasany.. itu keterima Raisa jadi pacarnya... "Gembira maksimal guys."

    Soal dapetin uang dari Blog, bener kata kak Erny Bisna, itu bonus dari konsistensi kita selama ini. Tapi kembali ke kitanya, yang punya siapa? Mau dibuat shar aja, nyari duit atau jual obat. Monggo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, balik lagi kediri masing-masing..
      Hehe, gue juga gitu, tapi seiring waktu berjalan yang kita butuhkan pasti bukan cuman itu-itu saja, kita akan mau lebih lagi, lebih lagi, lebih lagi..

      Iya tuh, setuju banget..

      Delete
    2. Yoi.... Pasti bisa asal konsisten aja. :)

      Delete
  20. aku ngeblog buat cerita, share sama nyari duit :v

    ReplyDelete
  21. Gak mau ah gue mau tetep tujuan ngeblog gue itu biar gue jadi seorang blogger. Kan gue keren.. Haha

    Menurut gue si orang mah beda2 tujuan ngeblog itu sah2 ajah. Asal jangan yg negatif ajah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi..

      maksud gue prinsip kita boleh beda, tapi tujuan sama, yaitu berbagi..

      Delete
  22. Kalau saya ngeblog tujuannya sebagai sarana berbagi aja atas ilmu yang didapatkan lewat pengalaman atau dibangku sekolah. Karena pasti imbalannya lebih kekal jadi amal jariyah dilangit. kalaupun uang mungkin hanya bisa dijadikan bonus tanpa disangka-sangka.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, intinya berbagi, kan (?)
      Uang.. pasti datang sendiri.

      Delete
  23. Emang paling tepat ngeblog itu buat berbagi.. sambil dibawa santai.

    Kalo ngeblog tujuannya uang, kita bakalan kecewa kalo ternyata hasilnya gak sesuai ekspektasi..

    Jadi, nikmatin aja ngeblognya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, iya bang, gue aja santai aja, tapi konsisten gitu..

      Seperti yang saya bilang diatas, ekpekstasi akan melenyapkan semangat kita jika tidak sesuai..

      Delete
  24. kalo emang pengen dapet duit dari blog, gue rasa akan lebih rumit daripada ngeblog bebas.
    pada akhirnya ketika kita udah semakin rajin update postingan, dan belajar dari blog-blog lain, mulai deh entar sadar sendiri, ada pertanyaan-pertanyaan yang mulai kejawab satu-satu. emang ini jalan yang bakal lama prosesnya, dan perlu komitmen.

    yang perlu dicermati itu adalah dimana kita melabuhkan gelar guru blog bagi kita, dan memang ada juga salah satu favorit gue yang emang malah gak mau dikomen, cuma bagi tulisan dia doang bahkan sehari satu posting ada juga, padahal gue yakin kalo dia pasang iklan diblog dia, bisa untung besar dari segi traffik dan kontennya jelas gue salut banget. Tapi itu kan pilihan tiap-tiap orang. makin jarang orang kayak gitu yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, apalagi kalo yang kita harapkan tidak sesuai dengan apa yang kita dapatkan,.
      Seperti pengalaman yang pernah saya rasain.

      Hmm, iya juga sih~

      Delete
  25. Blog adalah tempat berkarya mas.

    Betapa bahagianya kita saat tulisan kita di blog bermanfaat bagi orang lain.

    Uang?
    Itu urusan nomor 27 !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, apalagi apa yang kita senengin bisa jadi pekerjaan kita..

      Hehehe~

      Delete
  26. Ciee ikutan lomba emak gaoel ya. Goodluck deh
    Apapun tujuannya yg penting positif dan ga ngerugiin orang lain hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, doain menang..
      Yap, bukan ngerugiin sih, tapi menyesatkan~

      Delete
  27. Tujuan yang mulia bro, ngeblog untuk berbagi bukan untuk terkenal..
    Kalo gue, tujuan ngeblog selain berbagi adalah sebagai mesin waktu untuk kembali mengenang masa-masa yang udah gue tulis di blog.

    Karena gue percaya, tulisan adalah mesin waktu yang nyata.

    Gudlak buat lombanya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoai, kayaknya gue pernah dengar ntu kalimat..

      hmm, salam kenal yakk~

      Delete
  28. dulu waktu pertama punya blog gue ceritain cerita horror yang pernah gue baca, maklum.. masih pecinta ceria horror kala itu. sebenerny belu terlalu stress mikirin duit dari blog sih, tapi waktu smp kelas 3 gue pernah ngebayangin blog gu eberiklan.. terus dibayar 15 ribu per hari, kan lumayan tuh sebulan 450k. tapi sekranag... blog itu cuma sarana penyalur passion doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. buat cerita horor komedi kayaknya seru tuh..

      Haha, ekspektasi yang sangat mematikan~~

      Delete
  29. Kebalikan dri aku dong, dulu aiu ngebog krena ingin berbagi certa dan ke sininy jga ingin bsa menelurkan karya dan daftr goge adsense krena pgn dpet dolar juga hehee..cuman jangan gra2 ekspektasi tiggi jdingedrop.hrus bsa memacu untkmelakun lebih. Teorinya sih bgtu.hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts