13 Alasan Ramadhan

Sejak kecil, gue sudah diajarkan untuk berpuasa. Seingat gue, awal mencoba puasa langsung gaspol puasa penuh. Bukan tanpa alasan, tapi karena waktu itu ada perjanjian dari Bapak gue yang puasanya penuh dikasih duit. Semakin bertambah usia, gue sudah tidak lagi berpuasa karena perjanjian.

Kali ini, gue mau bahas sesuatu tentang bulan Ramadhan, mumpung waktunya pas.

Nah, dibulan Ramadhan tahun lalu, gue sempat mem-post sebuah foto tentang sebuah projek yang akan gue kerjakan. Sayangnya projek itu tertunda karena satu dan lain hal. Sempat kecewa karena sudah sangat excited mengerjakan projek tentang Ramadhan itu, namun gue hanya bisa merencanakan.

Karena sudah merasa kecewa. juga malu saat beberapa teman sudah excited menunggu, akhirnya gue bilang bahwa projek itu ngga gagal, projek itu hanya tertunda. Dan tahun ini, gue ingin merealisasikan projek itu, dalam format yang berbeda.

Tahun lalu, gue ingin membuat sebuah series spesial bulan Ramadhan, dan skrip yang sudah gue tulis itu gue bongkar dan kembangkan menjadi sebuah naskah untuk serial komik.

Setelah hampir putus asa karena tidak mendapatkan partner, gue akhirnya merekrut salah satu teman gue yang memang ahli dalam bidang gambar. Sayangnya, gearnya belum memumpuni dan terlalu sulit jika mengerjakannya sendirian, katanya.

Gue putar otak, lalu kembali mencari segala kemungkinan. Pertemuan gue dengan seseorang disebuah grup membuahkan hasil. Gue ketemu dengan seseorang bernama Agin Gunawan, bersedia untuk berkolaborasi dan bertugas sebagai digital art.  Sederhananya, setelah gue menulis cerita, gue kasih ke Vian, ia akan menggambar kasar mulai dari karakter dan panelnya. Setelah jadi, kita kirim file ke Agin untuk ia gambar ulang dengan gear yang ia punya.

Beberapa bagian yang gue tulis memiliki banyak perubahan dan hampir tidak sesuai bayangan gue, namun gue sadar ini adalah sebuah projek kolektif. Maka, selagi tidak melenceng kebagian cerita, gue masih membebaskan teman-teman gue berimajinasi dan memasukkan referensi yang mereka punya.


13 Reasons Ramadhan adalah cerita tentang empat orang sahabat yang bertemu kembali sejak 10 tahun karena suatu peristiwa. Serial komik ini gue deretkan sebagai sebuah jenis Slice of Life karena bermain dalam kisah sehari-hari. Gue menggambarkan karakter senatural mungkin, dan mencoba menggali referensi yang mampu membuat kalian bernostalgia.

Gue sangat senang dengan terealisasikannya projek ini. Gue sangat tertarik dengan projek ini karena banyak referensi yang gue angkat dari pengalaman gue. Adapun itu bertentangan dengan banyak orang, gue rasa tidak perlu meributkan urusan masa lalu.

Bagi beberapa orang akan bertanya, kenapa judulnya 13 Reasons Ramadhan, gue akan mengarahkan kalian untuk membaca sendiri. Dan bisa gue bilang, ini adalah tribute gue dengan salah satu series favorit gue, 13 Reasons Why. Mendengarkan kabar musim 2-nya telah keluar, gue sangat kaget. Tidak pernah merencanakan akan berbarengan dengan keluarnya komik ini.

Gue juga mau cerita sedikit tentang pembuatan komik ini. Awalnya gue pikir akan terjadi diskusi setiap hari berhubung ini adalah projek komik gue yang benar-benar jalan. Setelah semua berjalan, ternyata tidak begitu, gue hanya akan menulis cerita, lalu kirim ke Vian ceritanya untuk disketsakan, lalu didigitalkan oleh Agin. Tidak ada perdebatan antara gue dan Agin. Gue hanya akan menegur bagian jika sangat menganggu perkembangan cerita.

Untuk yang mau baca, 13 Reasons Ramadhan hadir menemani teman-teman untuk ngabuburit. Episod pertama sudah keluar. Untuk yang mau baca, klik link disini.

Merasa tertipu dengan judul diatas? Janganlah marah. Setelah membaca pasti kalian paham maksud gue, dan sekiranya apakah mesti ada alasan untuk Ramadhan?

Comments

  1. Waaaah bermanfaat sekali gan. Ada bisnis pt. Atomy indonesia inc pendaftaran kesini bisa terima kasih gan
    Http://usloveatomy.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. barusan sekilas baca-baca dikit, menurutku lebih baik diwarnain sih karena gue agak bingung gitu siapa-siapa tokohnya #maklumguejarangbacakomikhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an dilain kesempatan bisa dilakukan..

      Delete
  3. wah keren nih mainnya udah webtoon...udah episode 6 juga sekarang. Semoga bisa makin semangat. Tapi emang kayaknya kalau diwarnai bisa lebih menarik ya Rahul. Tapi gambarnya udah ckep bingits lah itu mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba. Untuk bagian warna banyak yg request yah. Mungkin dicerita yg lain yah. Makasih sarannya..

      Delete
  4. yang nonton netflix pasti langsung ngeh kalau 13 reasons why menjadi inspirasi dari 13 alasan ramadan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue lebih senang nyebutnya tribut sih, tapi gapapa..

      Delete

Post a Comment

Popular Posts